Kamis, 25 November 2010

Artikel Musik Stambul

Sejauh saya mendapati. Orang luar (baca :barat) banyak mendefinisikan dengan singkat apa itu keroncongdengan “Syncretic Song Based Forms. Sebuah makna “kusut” yang sebenarnya adalah paket dari arti panjang kata akulturasi. Malaysia, negeri di dekat kita, menyebutkan hal yang sama. Entah dengan makna politis atau bukan, keroncong dimaknai sebagai “Bentuk dari hasil percobaan kooperatif, baik itu seni itu sendiri, atau bahkan budaya”. Itu makna yang bisa saya mengerti dari istilah “SYNCRETIC”, yang sebenarnya juga bukan kata dalam bahasa Inggris asli. Sebelumnyapun sudah saya sangka (memang manusia penuh persangkaan), dari frase muka kata ini “SYNC” yang jelas-jelas punya makna usaha penyelarasan.

Mengenai judul diatas “STAMBUL III KEMAYORAN” ada satu hal yang menarik saya yang (walaupun) sebenarnya sudah cukup lama banyak yang sudah tahu. Selama ini (yang cuma sebentar ini). Saya mengenal lagu berjudul ‘Kemayoran” ini dengan nama (sekaligus bentuk) keroncong. Lengkapnya, judul lagu ini adalah “Kr. Kemayoran”. Tapi sebenarnya, Keroncong Kemayoran bukanlah benar-benar keroncong, tetapi Stambul III. (lihat tulisan Amir Pasaribu tentang Perkembangan Musik Indonesia, di mana beliau menyebutkan bahwa Lagu Stambul III Kemayoran).
Umumnya, antara stambul dan keroncong, bisa terlihat dari (salah satunya) lirik. Stambul akan lebih mendekati bentuk pantun, sedang keroncong lebih mendekati bentuk syair. Saya bisa mencoba mulai mengerti mengapa Amir Pasaribu ‘menganggap’ lagu ini berbentuk stambul. Lagu keroncong (katakanlah keroncong asli) punya bentuk lagu A-B-C, dengan 8 baris dikali 4 (birama) jadi ada 32 birama. Sedang stambul memiliki 4 baris dikali 4 (birama) jadi ada 16 birama. Jika begitu, memang lagu kemayoran ini, lebih ‘masuk’ kedalam bentuk stambul. Tapi itu hanya sekedar pandangan dangkal saya. Toh, sampai saat ini, guru saya (baca: ewing) masih juga (sejauh saya ingat) mengatakan “ayo sa.. KERONCONG kemayoran!”.
Berikut adalah gambaran kasar “keroncong” tapi stambul III kemayoran.
·                     |I , , , |I , , , | (baris ini menjadi prelude)
·                     |I , , , |I , , , |
·                     |II# , , , |V , , , |
·                     |V , , , |IV , , , | (baris ini menjadi interlude)
·                     |IV , V , |I , , , |
·                     |V , , , |I , , , |
·                     |I , , , |I , , , |
·                     |V , , , |I , , , |
contoh musik stambul klik link ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar